Jadwal Piala Dunia FIFA World Cup 2018 di Rusia

Jadwal Piala Dunia FIFA World Cup 2018 di Rusia

Jadwal Piala Dunia FIFA World Cup 2018 di Rusia

Jadwal Piala Dunia FIFA World Cup 2018 di Rusia – Kapan piala dunia FIFA World Cup akan digelar kembali? Piala Dunia FIFA World Cup termasuk salah satu ajang sepak bola bergengsi yang digelar tiap 4 tahun sekali. Adapun peserta kompetisi mencakup banyak negara dari seluruh penjuru dunia. Bisa dibilang Piala Dunia menjadi ajang kejuaraan kelas dunia yang sangat dinanti-nanti. Terlebih bagi para penggemar sepak bola.

Sebelumnya, setiap negara dari segala penjuru dunia mesti melalui babak kualifikasi. Babak tersebut berlangsung kurang lebih selama 3 tahun. Dimana selama babak kualifikasi setiap negara mesti bertanding melawan negara yang lain seperlu menyaring 32 tim yang akan mengikuti Piala Dunia dan memperebutkan gelar trofi juara.

Jadwal Piala Dunia FIFA World Cup 2018 di Rusia

Lantas kapan piala dunia FIFA World Cup digelar kembali? Sesuai jadwalnya, kompetisi sepakbola Piala Dunia akan digelar 4 tahun sekali. Adapun kompetisi terakhir berlangsung di Brazil tahun 2014 lalu. Dengan demikian Piala Dunia FIFA World Cup dijadwalkan berlangsung tahun 2018 mendatang.

Piala Dunia 2018 di Rusia

Piala Dunia 2018 nanti sudah dijadwalkan akan digelar di Rusia. Piala Dunia FIFA 2018 nanti pun bakal menjadi kompetisi dunia yang ke-21 sejak pertama kali digelar.

Pergelaran turnamen sepak bola internasional tersebut merupakan yang perdana di Rusia. Adapun pemilihan tuan rumah untuk Piala Dunia sudah dimulai sejak tahun 2009 lalu. Pada waktu itu didapati 7 negara mendaftarkan diri sebagai tuan rumah. Hanya saja Meksiko didapati mengundurkan diri.

Beberapa negara non UEFA pun bertahap ikut mundur selama proses pemilihan tuan rumah Piala Dunia 2018. Hingga akhirnya bersisa 4 negara calon tuan rumah Piala Dunia 2018 yakni Spanyol/Portugal, Belanda/Belgia, Inggris, dan Rusia.

Kapan piala dunia FIFA World Cup ke-21 digelar sudah jelas yakni tahun 2018 mendatang. Namun, waktu itu tuan rumah masih belum ditentukan. Sebanyak 22 anggota Komite Eksekutif FIFA pun mengadakan rapat di Zürich. Dalam rapat tersebut diadakan pemilihan suara guna menentukan tuan rumah Piala Dunia FIFA 2018.

Pemilihan suara berlangsung 2 putaran. Alhasil dari pemungutan suara didapat keputusan Rusia menjadi tuan rumah ajang bergengsi Piala Dunia 2018. Keputusan tersebut diumumkan langsung oleh Sepp Blatter selaku Presiden FIFA. Adapun kandidat lain yakni Spanyol/Portugis mendapat posisi kedua, Belanda/Belgia berada di urutan ketiga, sementara Inggris mesti tersingkir di pengambilan suara babak pertama.

Sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018, Rusia pun sudah mengajukan beberapa kota sebagai penawaran. Beberapa kota yang dimaksud diantaranya Kazan, Kaliningrad, Krasnodar, Moscow, Rostov-on-Don, Nizhny Novgorod, Saint Petersburg, Volgograd, Sochi, Yekaterinburg, dan Yaroslavi. Dari hasil evaluasi penawaran yang diberikan Rusia yang mengajukan 13 kota sebagai tuan rumah dengan 16 stadion melebihi persyaratan minimum yang ditetapkan FIFA. Dimana 3 dari 16 stadion rencananya akan direnovasi dan 14 bakal dibangun baru.

Wacana Penambahan Jumlah Tim Peserta

Sejak tahun 1982 hingga 1994, Piala Dunia digelar dengan 24 negara sebagai peserta. Jumlah tersebut didapati bertambah terhitung sejak tahun 1998 menjadi 32 negara. Baru-baru ini ada wacana untuk menambah peserta Piala Dunia.

Untuk Piala Dunia 2018 nanti, kuota masih dibatai untuk 32 tim. Namun, jumlah tersebut diperkirakan akan ditambah menjadi 40 tim untuk Piala Dunia tahun 2026. Dalam hal ini Komite Eksekutif FIFA memiliki wewenang untuk memutuskan langsung tanpa harus menunggu konges FIFA. Pihak FIFA sendiri sudah melakukan rapat yang digelar di Swiss seperlu mendiskusikan kemungkinan penambahan jumlah tim yang boleh ikut serta. Rencana tersebut konon diajukan sebagai salah satu bentuk reformasi yang diupayakan. Bila perubahan tersebut disetujui, maka turnamen akan berlangsung sebanyak 96 laga. Tepatnya turnamen akan berlangsung 1 minggu lebih lama dari yang semula hanya berkisar 31 hari saja.

Pada Piala Dunia 2026 mendatang, direncanakan akan ada 8 grup dengan setiap grup berisi 5 negara. Dengan demikian bisa jadi akan ada 32 laga tambahan pada babak penyisihan grup. Namun, dengan peraturan yang sama dimana 2 negara di posisi teratas bakal menjadi perwakilan grup. Berapa pun jumlah negara yang akan diikut sertakan, pastinya kapan Piala Dunia digelar bakal menjadi momen yang dinantikan. (Jadwal Piala Dunia FIFA World Cup 2018 di Rusia)

 

Incoming search terms:

  • berapa negara yang mengikuti PD 2018 di Rusia
  • kapan ajang piala dunia sepakbola
  • jadwal fifa world cup 2018
  • negara yang ikut piala dunia 2018
  • Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2018 (UEFA)
  • Jadwal evulasi piala dunia dirusia
  • kapan piala dunia di Rusia mulai digelar
  • gambar pemain fifa 2018
  • gambar jadwal piala dunia 2018 di rusia
  • bulan di selenggarakan piala dunia rusia

lee

View more posts from this author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *